Sabtu, 26 Maret 2011


LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PADA KANTOR KECAMATAN TRIMURJO


LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)


Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Program
Pendidikan Diploma Tiga(D3) Manajemen Informatika
AMIK DCC Lampung



Disusun Oleh :


















AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
DCC LAMPUNG
2011







HALAMAN PERSETUJUAN

Team Penguji :
Ketua                   :                    (                       )
Pembimbing          :                    (                       )
Penguji I               :                    (                       )




HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Praktek Kerja Lapangan
Disusun Dengan Sebenarnya Bedasarkan Kegiatan Pkl
Mulai Tanggal 12 Januari s/d 26 Juli 2010




               Pembimbing PKL                                                 Pembimbing PKL
                 DCC Lampung                                                 Kecamatan Trimurjo




        Berty Desmiana, S.Kom                                            Hari Tamtama


Direktur AMIK DCC LAMPUNG


Drs. Hi. Gunadi Rusydi, M.Kom







HALAMAN PERSEMBAHAN

Laporan ini penulis persembahkan kepada :
1.       Kedua Orang tua saya yang telah membantu baik secara moril maupun materil demi keberhasilan saya dalam menyelesaikan laporan PKL ini.
2.      Saudara / keluarga dan teman-teman yang selalu memberikan dorongan semangat, do’a dan bantuan kepada saya.
3.     Dosen pembimbing saya yang telah memberikan pengarahan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
4.      Untuk pembimbing saya di Kecamatan Trimurjo yang telah banyak membantu dan memberikan banyak pembelajaran selama saya PKL.




MOTTO
Hidup adalah Perjuangan Yang Harus Terus DiPerjuangkan

      Pahit Getirnya Hidup Hadapi Dengan Senyuman.


Oleh : Elvis Pradika





KATA PENGANTAR

Alhamdulilah segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Lapangan.

Laporan penulisan ini adalah hasil dari Praktek Kerja Lapangan yang telah di lakukan penulis pada Kantor Kecamatan Trimurjo.  Praktek Kerja Lapangan adalah Program pendidikan yang wajib dilakukan oleh seluruh Mahasiswa/i Diploma tiga (D3) pada Perguruan Tinggi DCC LAMPUNG.

Atas tersusunnya laporan ini, penulis ucapkan terima kasih kepada :
1.        Drs. Hi. M. Gunadi Rusydi, M.Kom.  sebagai Direktur AMIK DCC LAMPUNG
2.        Berty Desmiana,S.Kom.  selaku dosen pembimbing AMIK DCC LAMPUNG
3.        Seluruh Staf, Instruktur dan Dosen Perguruan Tinggi DCC LAMPUNG
4.        Pembimbing PKL pada Kantor Kecamatan Trimurjo
5.        Rekan Mahasiswa/i Perguruan AMIK DCC Lampung yang telah memberikan motivasi kepada penulis.




Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan maupun penyelesaian laporan Praktek Kerja Lapangan ini, oleh karena itu penulis mengharapkan saran yang sifatnya membangun agar lebih baik yang akan datang.


                                                                             Metro,       Maret 2010

                                                                                               
                                                                                         Penulis




DAFTAR ISI

HAL JUDUL           ………………………………………………………      i
HALAMAN PERSETUAJAN     ………………………………………....      ii
LEMBAR PERSETUJUAN       …………………………………………..     iii
HALAMAN PERSEMBAHAN      ………………………………………     iv
MOTTO    ………………………………………………………………..     v
KATA PENGANTAR     …………………………………………………     vi
DAFTAR ISI   ……………………………………………………………    vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang PKL    …………………………………………     1
1.2  Tujuan Praktek Kerja Lapangan     ……………………………..     2
1.3  Waktu dan Tempat PKL     …………………………………….     2
1.4  Manfaat Praktek Kerja Lapangan     …………………………...     2
1.5  Metode Pengumpulan Data     ………………………………….     3
1.6  Sistematika Penulisan         ……………………………………..     4        
BAB II TINJAUAN UMUM INSTANSI
2.1  Sejarah Kecamatan Trimurjo       ……………………………….     5
2.2  Tugas Pokok Dan Fungsi Kantor Kecamatan Trimurjo      ….......     6
2.3  Fasilitas Yang Dimiliki         …………………………………….     7
2.4  Bagian-bagian Kantor Kecamatan Trimurjo       ………………...     7
       2.4.1    Camat    ………………………………………………..     7
       2.4.2    Sekcam     ……………………………………………..     8
       2.4.3    Kabag Kepegawaian      ………………………………..     8
       2.4.4    Kabag Keuangan     ……………………………………     9
       2.4.5    Kabag Umum      ………………………………………     9
       2.4.6    Kabag Pemerintahan      ………………………………..     9
       2.4.7    Kabag Pembangunan     ………………………………..   10
       2.4.8    Kabag Perekonomian       ………………………………   10
2.5  Sub Seksi pada Kantor Kecamatan Trimurjo       ……………….   11
       2.5.1    Kasi Pendidikan      …………………………………….   11
       2.5.2    Kasi Kesejahteraan Rakyat      …………………………   11

BAB III PEMBAHASAN
3.1  Kegiatan PKL     ………………………………………………   13
3.2  Alur Sistem Pembuatan Kartu Tanda Penduduk
       Pada Kantor Kecamatan Trimurjo      …………………………..   13
3.3  Kendala Selama PKL      ………………………………………   14
3.4  Solusi Permasalahan Dikantor Kecamatan Trimurjo        ………..   14

BAB IV KESIMPULAN
4.1  Kesimpulan      …………………………………………………   15
4.2  Saran       ………………………………………………………   15
Daftar Pustaka
Lampiran

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu kegiatan Praktek melakukan kerja yang dilaksanakan dan wajib diikuti oleh penulis pada dunia kerja terkait dan untuk menyelesaikan program pendidikan Diploma Tiga (D3)  Manajemen Informatika pada Perguruan Tinggi DCC lampung dan sebagai salah satu syarat kelulusan, maka penulis harus melaksanakan Praktek Kerja Lapangan serta membuat laporan tentang Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan pada instansi-instansi pemerintah atau swasta.

Alasan penulis mengambil Praktek Kerja Lapangan di kantor kecamatan Trimurjo yaitu untuk menambah wawasan terkait dengan dunia kerja dan ingin mengetahui secara l;angsung kegiatan pemerintahan dikantor kecamatan Trimurjo.




1.2         Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan Praktek Kerja Lapangan pada kantor kecamatan Trimurjo antara lain :
1.           Membekali penulis dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja nyata dan masyarakat.
2.           Mendidik penulis untuk bekerja sama secara tim pada sebuah instansi.
3.           Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab penulis dalam menjalankan tugas.

1.3         Waktu Dan Tempat PKL
Penulis melaksanakan PKL pada tanggal 12 Januari – 26 Februari 2010 dikantor kecamatan Trimurjo yang beralamatkan di Jl. Karang Bolong kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.

1.4         Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat Praktek Kerja Lapangan pada Kantor Kecamatan antara lain :
1.           Dengan Praktek Kerja Lapangan penulis dapat mengenal langsung lingkungan kerja di kantor Kecamatan Trimurjo.
2.           Menambah pengetahuan kerja secara praktek bagi penulis yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
3.           Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan dinas pemerintahan khususnya di Kecamatan Trimurjo.

1.5         Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan ini penulisan menggunakan metode pengumpulan data :
1.      Wawancara
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung kepada nara sumber.
2.    Observasi
Penulis memperoleh data dengan mengamati kegiatan yang ada pada kantor kcamatan Trimurjo.
3.      Studi Kepustakaan
Data yang diperoleh penulis dengan membaca buku atau catatan yang ada hubungannya dengan penyusunan laporan ini.
1.6         Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan terdiri dari :
BAB I PENDAHULUAN                                                                           
Dalam bab ini dibahas secara umum tentang tentang latar belakang PKL,
tujuan, waktu dan tempat PKL, manfaat, metode pengumpulan data serta sistematika penulisan laporan.

BAB II TINJAUAN UMUM INSTANSI
Berisi umum Kantor Kecamatan Trimurjo yang berisi sejarah, tugas, fungsi fasilitas yang ada pada Kantor Kecamatan Trimurjo.

BAB III PEMBAHSAN 
Bab ini berisi kegiatan penulisan, alur sistem, kendala yang dihadapi serta solusi Untuk menyelesaikan kendala saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan pada Kantor Kecamatan Trimurjo.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang penulis berikan setelah setelah melakukan Praktek Kerja Lapangan pada Kantor Kecamatan Trimurjo.
DAFTAR FUSTAKA
LAMPIRAN



BAB II
TINJUAN UMUM INSTANSI

2.1 Sejarah Kecematan Trimurjo
Kecematan Trimurjo bermula dengan didatangnya kolomis pertama kedaerah Metro pada bulan April 1936 dan untuk ditempatkan dibedeng-bedeng yang telah disediakan yaitu didepan Kantor PLN Metro atau seketitar halaman Masjid Taqwa. Lalu dimulailah membuka hutan untuk dijadiakan daerah permukiman dan tempat bercocok tanam pada hari selasa tanggal 07 April 1936.

Dalam berkembang menjadi sebuah Kecamatan. Trimurjo mengalami pergantian pejabat (Asisten Wedana  Camat) sejak berdiri pada tahun 1937 sampai dengan ditingkatkannya menjadi Kecamatan Trimurjo berdasar PERPU NO 02 Th 1970.
Kecamatan Trimurjo di bagi menjadi 14 kelurahan/kampung yaitu :
1.      Simbarwaringin       8. Purwoadi
2.      Trimurjo                 9. Notoharjo
3.      Adipuro                 10. Untoro
4.       Depokrejo            11. Pujodadi     (PD)
5.       Liman Benawi       12. Pujobasuki  (PB)
6.      Tempuran              13.Pujokero     (PC)
7.      Purwodadi            14.Pujoasri       (PA)



2.2 Tugas pokok dan Fungsi Kantor Kecamatan Trimurjo
Kecematan merupakan perangkat daerah yang dipimpin oleh seorang camat yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan berada dibawah serta bertanggung jawab Kepala  daerah melalui Sekertasi Daerah. Camat memiliki tugas pokok memimpin penyelengaraan pemerintah, perekonomian, pembanguan serta kesejahteraan rakyat dalm wilayah kecamatan. Untuk penyelenggara tugas pokok tersebut, camat mempunyai fungsi :
1.      Penyelenggara tugas-tugas pemerintah umum.
2.      Pembinaan dan tugas pengawasan dibidang pendidikan, kesehatan, pertanian, pembangunan sarana dan prasana perekonomian dan lingkungan hidup.
3.      Pembinaan pemerintahan kelurahan.
4.      Pembinaan dan pengawasan pewmbangunan.
5.      Pembinaan perekonomian yang meliputi produksi, konsumsi dan distribusi
6.      Pembinaan kejehteraan rakyat.
7.      Pembinaan, pengawasan ketertibaan perizinan dan pelayanan umum.



2.3 Fasilitas yang dimiliki
Untuk terselenggaranya sarana administrasi dan kelancara tugas, dibutuhkan berbagai saran.
Saran dan fasilitas yang memiliki kantor kecamatan Trimurjo antara lain :
1.      Gudung
2.      Halaman parkir
3.      Kendaraan operasiomal roda dua dan roda empat
4.      Sarana komunikasi berupa telepon
5.      Mesin  ketik  
6.      Komputer
7.      Meja,kursi dan lemari berkas
8.      Toilet

2.4 Bagian-bagian Kantor Kecamatan Trimurjo
2.4.1 Camat
Camat adalah seorang kepala daerah yang menjadi mengepalai sebuah kecamatan yang terdiri dari Kelurahan / Kampung yang menjadi kawasan suatu Kecamatan. Yang terjadi tugas seorang Camat antara lain :
1.      Menciptakan suasana aman dan tertib dalam masyarakat.
2.      Memeluk semua warga tanpa membedakan antara Suku, Budaya dan Agama.
3.      Melaksanakan program kerja pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.
4.      Mengelola sumberdaya yang ada di daerahnya agar lebih baik.
2.4.2  Sekcam
Sekcam adalah seorang sekertariskecamatan yang membantu Camat dalam melaksanakan pengelola administratif. Yang menjadi tugas seorang Sekcam antara lain :
1.      Membantu melaksanakan program-program kerja camat
2.      Menggantikan tugas kerja camat untuk menggantikan saat camat berhalangan untuk menghadiri suatu acara.
3.      Membantu tugas camat agar lebih cepat selesai dan lebih baik.

2.4.3 Kabag Kepegawaian
Bagian kepegawaian mempunyai tugas, melaksanakan kepegawaian dan penjabaran tugas sebagai berikut:
1.      Mengurus proses kenaiakan pangkat, gaji berkala dan urusan kepegawaian lainnya.
2.      Penyusun kearsipan pegawai
3.      Penyusunan daftar pegawai
4.      Penyusunan daftar urusan kepangkatan.





2.4.5 Kabag Umum
Kabag umum mempunyai tugas, menyelenggara urusan ketatausahan dan umum meliputi :
1.      Mengatur penyelenggaran rapat-rapat dinas dan upacara.
2.      Melaksanakan urusan pelengkapan dan inventaris kantor.
3.      Menghimpun, mencatat, mengolah, mengadakan, mengirim dan menyiapkan surat menyurat.



       2.4.6 Kabag Pemerintah
Bagian Pemerintah adalah unsur pelaksana kecamatan dibidang pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, yang tanggung jawab kepada Camat. Seksi pemerintahan mempunyai tugas yaitu melakukan urusan pemerintahan umum dan pemerintahan kelurahan, administrasi kependudukan serta keamanan dan ketertiban dengan penjabaran sebagai berikut :
1.      Melakukan pengawasan terhadap penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
2.      Melaksanakan administrasi pemerintahan.
3.      Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan penyelenggara pemerintahan umum dan pemerintahan kelurahan.
2.4.7 Kabag Pembangunan
Bagian pembangunan adalah unsur pelaksanaan kecamatan dibidang pembangunan yang dipimpin seorang Kepala Seksi, yang bertanggung jawab kepada camat. Seksi pembangunan memiliki tugas yaitu melakukan perancangan, pelaksanaan dan pemantauan pembangunan fisik dan pelayanan umum dengan penjabaran sebagai  berikut :
1.      Menyusun rencana program pembangunan peningkat, rehabilitasi / pemeliharaan jalan dan jembatan di  desa-desa .
2.      Melakukan koordinasi penyusunan rencana pembangunan atau yang disebut dengan MUSRENBANG.


2.4.8        Kabag Perekonomian

Bagian perekonomian adalah unsur pelaksanaan kecamatan dibidang perekonomian yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, yang bertanggung jawab kepada camat. Seksi perekonomian mempunyai tugas yaitu menyiapkan bahan penyusunan program dan pembina perekonomian, produksi dan distribusi serta mengevaluasi pelaksanannya dengan penjabaran tugas sebagai berikut :
1.      Mendata perusahaan (BUMN/BUMD, Swasta, yayasan dan koperasi) yang bergerak pada semua sektor yantg memperkerjakan tenaga keja.
2.      Membantu memberikan rekomendasi dan pertimbangan dalam rangka penanaman modal.
3.      Menyiapkan bahan-bahan penyelenggaran pembinaan pengembangan potensi sumber-sumber pendapatan Asli Daerah.
4.      Menyiapkan penyelenggaraan pembinaan usaha-usaha kegiatan ekonomi masyarakat, produksi, jasa dan distribusi.

2.5 Sub pada Kantor Kecamatan Trimurjo
2.5.1 Kasi Pendidikan
Kasi pendidikan memiliki tugas yaitu melaksanakan pembina dibidang pendidikan dengan penjabaran sebagai berikut :
1.      Melaksanakan pendataan wajib belajar.
2.      Melaksanakan pendataan bantuan dana masyarakat ke sekolah.
3.      Membantu menyiapkan penerimaan bantuan/subsidi sekolah.
4.      Melakukan pendataan personil sekolah.
5.      Melakukan pendapatan tempat pendidikan.

2.5.2 Kasi Kesejahteraa rakyat
Kasi kesejahteraan rakyat memiliki tugas melaksanakan pembinaan dibidang kesejahteraan sosial dengan penjbaran tugas sebagai berikut :
1.      Menyiapkan bahan-bahan  penyelenggara pembina lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam.
2.      Menyiapkan bahan-bahan untuk mengkoordinasikan penyelenggara pembinaan olahraga, kesenian dan kebudayaan.





BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Kegiatan PKL
Kegiatan penulisan selama melakukan Praktek Kerja Lapangan pada kantor Kecamatan Trimujo adalah sebagai berikut :
1.      Menginput data pada pembuatan KTP
2.      Membuat surat

3.2 Alur sistem pembuatan KTP pada kantor Kecamatan Trimurjo
Jika ada masyarakat yang ingin membuat KTP, maka masyarakat memberikan pas foto dan kartu keluarga pada petugas Kecamatan. Kemudian foto dan kartu keluarga diasripkan. Berdasarkan data yang ada pada kartu keluarga petugas Kecamatan memasukan data kedalam KTP  pada from KTP. Data yang telah dimasukan keadalam from KTP disimpan pada file KTP dan di blanko KTP sudah siap dan diberikan kepada msyarakat.

3.3 Kendala selama PKL
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini penulis menghadapi permasalahan pada Kantor Kecamatan Trimurjo. Antara lain permasalahan yang dihadapi penulis adalah sebagai berikut :
1.      Penulis merasa ragu-ragu saat membuat KTP karena harus membuka from yang ada pada komputer kecamatan yang berisi file-file penting.
2.      Dalam membuat surat penulis merasa ragu-ragu dan takut apabila melakukan kesalahan.

3.4 Solusi Permasalahan Dikantor Kecamatan Trimurjo
Solusi untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.      Untuk menghadapi kesulitan pengurusan KTP penulis banyak belajar pada pembimbing yang ada pada kantor kecamatan Trimurjo.
2.      Untuk mengatasi rasa ragu-ragu saat membuka komputer kecamatan, maka penulis membiasakan mengambil pekerjaan yang harus dilakukan dengan komputer. Sehingga terbiasa dengan komputer yang ada pada kecamatan Trimurjo.



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

1.1  Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan praktek kerja Lapangan Lapangan pada kantor kecamatan Trimurjo maka pemnuli meyimpilkan bahwa sistem informasi pembuatan KTP telah menggunakan sistem komputer, serta telah menggunakan media  komputer  dengan sangat baik. Bagi masyarakat tidak perlu menunggu lama karena telah menggunakan sistem komputer modern sehingga proses pembuatan KTP  lebih cepat.

1.2  Saran
Setelah melakukan praktek kerja Lapangan penulis masyarakat kepada para peserta PKL agar melaksanakannya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Karena hasil kerja serta pengalaman yang diperoleh dari tempat PKL akan sangat berguna bagi para peserta PKL untuk mengadapi dunia kerja



DAFTAR PUSTAKA

Team penyusun 2011. Buku Panduan Praktek Kerja Lapang, DCC Lampung
Bandar Lampung, 19 halaman
Team penyusun, 2006. Buku Analisa Perancang System Informasi, DCC          Lampung, Bandar Lampung. 16 halaman
Team penyusun, 1970. Arsip Sejarah Kecamatan Trimurjo, kantor kecamatan Trimurjo Lampung Tengah, 52 halaman.



FROM PENILAIAN

Nama Mahawasiswa      :    
NPM                             :   
Tempat PKL                  :    Kecamatan Trimurjo
Bagian                            :    Operator
Alamat                           :    Jl. Karang Bolong Kec. Trimurjo Lampung Tengah
No
Aspek penilaian
Hasil Penilaian
Huruf Mutu
Keterangan
1
Kemampuan Belajar



2
Disiplin Kerja



3
Inisiatif



4
Kerjasama



5
Tanggungjawab



6
Prestasi kerja



7
Kejujuran



8
Kelakukan / Kesopanan



9
Kerapihan / Kebersiahan



10
Kehidiran Kerja




Ketentuan :
No
Hasil penilaian
Predikat
Penilaian
1
>81
A
2
>71-80
B
3
>61-70
C
4
<60
D
                                                                                          Trimurjo,        Maret 2010
                                                                                                      Operator



                                                                                              

3 komentar:

  1. Assalamualaikum, ijin copa bang admin, buat tugas kuliah, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus